Sinyal Yang Diberikan Tubuh Kepada Kita

| Posted in

Cepat Lupa:

Penyakit ini pasti sering banget hinggap di diri kita kan?? Penyakit tidur yang terjadi pada usia muda salah satu penyebabnya adalah kurang tidur. Matt Walker, Ph.D., asisten professor psikiatri dari Hadvard Medical School mengatakan bahwa kemampuan memori kita untuk mengingat 20-30% apabila anda menyempatkan diri untuk tidur selama 8 jam setelah menerima informasi yang anda terima (ane termasuk yg sering mengalami ini nich ) 

Kedutan pada Kelopak Mata:

Yang ini anda pasti sering mengalaminya. Ada mitos yang bilang jika kedutan di kiri berarti anda bakalan nangis atau jika di kanan akan mendengarkan kabar gembira . Tapi gak semua yang anda denger itu bener lho!! Para ahli kesehatan sepakat bahwa 99% kedutan pada mata disebabkan tubuh Agan didera stress dan kelelahan. Cara untuk menghentikan kedutan pada mata ini hanyalah membiarkan tubuh dan mata beristirahat. Mengompres mata dengan air hangat selama beberapa saat juga bisa membantu meredakan lelah. Sulit 

Konsentrasi:

Padahal sebenarnya kesulitan memfokuskan pikiran bisa pertanda bahwa Anda kekurangan asupan protein dan karbohidrat. Pasalnya, konsumsi kedua zat makanan tersebut dalam jumlah cukup bisa membantu menggenjot kadar zat makanan tersebut dalam jumlah cukup bisa membantu menggenjot kadar zat dopamine di dalam otak, yang berhubungan dengan peningkatan fungsi konsentrasi dan kemampuan seseorang untuk memfokuskan diri pada sesuatu (hayyoo,siapa yg sering ngalamin ini nich :p)

Menguap Terus-Menerus: 

nah,yang satu ini banyak yg salah persepsi nich,Menguap tidak selalu berarti anda tengah merasa ngantuk lho!! Menguap juga merupakan sinyal dari alam bawah sadar bahwa tubuh anda kurang bergerak. Misalnya nih ente kelewat serius bekerja sehingga menghabiskan lebih dari lima jam duduk di depan komputer atau laptop tersayang Agan. Solusinya, hentikan pekerjaan ente sejenak dan berjalan-jalanlah sejenak untuk menghirup udara segar (asal jangan jalan2 keluar negri ya gan,tar kayak gayus lho :D)
 
Lekas Lelah: 

Kondisi lekas lelah yang anda alami selama berbulan-bulan bisa menjadi pertanda bahwa anda sedang mengidap Chronic Fatigue Syndrome atau Sindrom Lelah Kronik (SLK). Munculnya SLK berhubungan dengan aktivitas fisik berlebihan seperti olahraga yang terlalu dipaksakan atau akibat stress. Tanda-tanda yang tampak jelas antara lain adalah cepat merasa lelah, tidur tidak nyenyak, nyeri otot serta perasaan lemas berlebihan setelah melakukan aktivitas fisik yang minim sekalipun. Jika anda mengalami hal ini, maka segeralah berkonsultasi pada dokter untuk mencari pemecahannya. 
 
Cegukan:  

Bila anda tidak sedang melahap apapun namun mengalami cegukan itu pertanda tubuh anda sedang stress. Hormon stress yang dilepas ke dalam aliran darah kemudian merangsang serat saraf secara berlebihan. Akibatnya, terjadi kontraksi otot tak sadar yang terletak di dekat pita suara sehingga menimbulkan bunyi. Redakan segera cegukan dengan cara menelan sedikit gula pasir. Butiran gula pasir mampu menstimulir ujung saraf di balik kerongkongan sehingga menghabat impuls saraf lainnya dan meredakan cegukan (baru tau ane kl cegukan itu berawal karna stress) 

Kaki Kram: 

Kaki kram bisa menjadi sinyal bahwa tubuh mengalami dehidrasi serta kekurangan asupan kalsium dan magnesium. Untuk mengatasinya, minumlah air putih lebih banyak dari biasanya. Konsumsi susu yang kaya kalsium juga amat baik anda lakukan terlebih bagi anda yang berusia di atas 30 tahun dan membutuhkan tabungan kalsium yang lebih banyak.  

Nyeri perut: 

Rasa sakit pada perut bisa muncul akibat kebiasaan makan tidak teratur sehingga timbul gangguan pada lambung. Namun, nyeri perut yang tidak terjadi karena penyakit maag atau penyakit lain, berdasarkan penelitian yang dilakukan di Univeristy of Colorado Helath Science Center, Amerika bisa jadi menandakan Anda sedang depresi.  

Sakit Kepala: 


nah,yg ini smw orang pasti sering mengalaminya nich (sakit kepala karna banyak yg nagih utang..hehehe..bcanda),Sakit Kepala karena tegang yang diawali dengan ketegangan di otot leher, bahu dan tengkorak. Sakitnya, selalu berawal dari kepala belakang, merambat ke depan lalu kedua sisi kepala. Jika ini anda alami, berarti tubuh anda sedang mengirimkan sinyal untuk beristirahat well..intinya sebenernya supaya kita lebih memperhatikan hal2 kecil yg diberikan oleh tubuh kita,jangan disepelekan,karna berawal dari yg kecil itulah maka berkembang menjadi


besar,smoga bermanfaat ......           



sumber