|| The Southern Ridges || Taman Penghubung Kota dan Alam di Singapura

| Posted in

Di kota-kota besar seperti Singapura, tentu akan sulit untuk menemukan ruang hijau terbuka,apalagi mengingat ukuran pulau tersebut sangat kecil ditambah lagi dengan jumlah penduduk sebanyak 3,2 juta penduduk. Akan tetapi, Singapura adalah rumah bagi serangkaian taman-taman yang luar biasa dan menampilkan kombinasi antara alam dengan dunia arsitektur.Pegunungan Selatan atau The Southern Ridges , Merupakan daya tarik hutan Singapura yang terletak di luar jantung kota, menawarkan berbagai panorama keindahan alam bagi pengunjung,dan memberi kesempatan untuk bersenang-senang sekaligus melepas penat sehari-hari. Pegunungan Selatan terdiri dari sepanjang 9 kilometer ruang hijau yang menghubungkan Mount Faber Park, Telok Blangah Hill Park, dan Kent Ridge Park. Daerah ini adalah rumah bagi tanaman dan hewan yang menarik ,serta memiliki jumlah spesies capung yang banyak dan mengesankan .Tapi fitur yang paling mencolok adalah the treetop-level walkway yang menyeberangi hutan lebat,dan setinggi 120 meter dari atas tanah. Jembatan ini sama sekali tidak mengganggu tata letak alami atau tatanan dari hutan tersebut, bahkan, proyek ini dibangun dengan tujuan agar dapat hidup berdampingan secara damai dengan vegetasi dan hewan yang ada di dalamnya.Pengunjung dapat berjalan di sepanjang jalan dan menikmati hutan yang subur.


denah..
Panjang :9 km (6 mil)Lokasi :Kent Ridge Park dan Telok Blangah Hill Park , SingapuraTrailheads :Kent Ridge Park ,Telok Blangah Hill ParkFungsi :Tempat RekreasiHighest Point: Marang Trail 70 meter (230 kaki)Pemandangan: Taman bunga, hutan sekunder


Mount Faber Park



Mount Faber Park..
Mount Faber Park adalah salah satu taman tertua di Singapura dan menjadi tujuan wisataTaman ini dihubungkan oleh jembatan Henderson Waves menuju Telok Blangah Hill Park. Taman ini terdiri dari tempat-tempat menarik seperti Deck Marina , Palm Plaza , Jewel Box dan Faber Point





Telok Blangah Hill Park..
Telok Blangah Hill Park adalah sebuah taman yang terletak di Telok Blangah Green, off Henderson Road.Taman ini memiliki luas sebesar 34 hektar dan merupakan tempat yang populer bagi pasangan pernikahan,dari taman ini kita mendapatkan pemandangan yang menakjubkan dari Singapura secara 360 derajat.





Kent Ridge Park..
Kent Ridge Park adalah taman umum seluas 47 hektar menghubungkan antara National University of Singapore dan Singapore Science Park .Tempat ini merupakan tempat yang populer bagi pengamat burung dan pengunjung yang ingin menikmati suasana tenang jauh dari hiruk-pikuk kehidupan kota.




The Southren Ridge..
The Southren Ridge, merupakan jembatan tinggi yang berbelit-belit khusus untuk pejalan kaki. Jembatan ini mengelilingi pohon-pohon rindang dari hutan lindung yang terdapat di sekelilingnya yang menjulang ke atas sehingga orang akan merasa seolah-olah berjalan di dalam hutan. Jembatan digunakan untuk berjalan santai, Juga digunakan bagi yang suka jogging. Jembatan terdiri dari 3 jurusan yang bersambungan dengan panjang seluruhnya 9Km . Jembatan sengaja dibuat bergelombang dengan mengikuti tinggi rendahnya pohon-pohon di sekitarnya. Untuk berjalan-jalan maupun jogging di jembatan ini sama sekali bebas biaya.



Forest Walk ..
Forest Walk memilik panjang 1.3 kilometer dan melalui hutan sekunder di Telok Blangah Hill Park serta penghubung menuju jembatan Alexandra Arch. Forest Walkway memiliki ketinggian berkisar dari 3 meter (9,8 kaki) hingga 18 meter (59 kaki) hingga kanopi pohon dan menawarkan pemandangan hutan yang luas



Henderson Waves Bridge..
Henderson Waves Bridge adalah jembatan penyeberangan dengan panjang 274 meter (899 ft) dengan ketinggian 36 meter (118 kaki) , jembatan ini adalah jembatan penyeberangan tertinggi di Singapura. Menghubungkan Mount Faber Park dan Telok Blangah Hill Park .Dirancang oleh IJP Corporation, London, dan RSP Perencana Arsitek dan Insinyur (PTE) Ltd Singapura.


Henderson Waves Bridge..
Jembatan ini memiliki desain yang unik dengan bentuk gelombang melengkung.



Henderson Waves Bridge..
bentuk ceruk yang melengkung berfungsi sebagai tempat berteduh atau beristirahat dengan tempat duduk di dalam dan juga sebagai tempat berbagai kegiatan.


Henderson Waves Bridge.
Pada siang hari, pengunjung dapat menikmati pemandangan sambil berdiri di jembatan


Henderson Waves Bridge..
Pada malam hari, bentuk-bentuk gelombang dari jembatan ini akan diterangi lampu,dimulai dari pukul 7:00 malam -02:00pagi selama setiap hari, memberikan sebuah cahaya yg menerangi jembatan, dan menawarkan pemandangan malam yang indah .

Alexandra Arch

Alexandra Arch merupakan Jembatan penghubung antara Hilltop Walk dan Forest Walk,Jembatan ini memiliki panjang 80m dengan arsitektur yang unik - tampak seperti daun yang terbuka, dengan dek melengkung 70 derajat.Alexandra Arch diterangi oleh lampu LED pada malam hari. Lampu berubah warna menampilkan warna bervariasi dari spektrum warna senja.



Alexandra Arch..
 






untuk lebih lengkapnya lagi silahkan kunjungi ke SINI